Thursday, February 13, 2014

CONTOH LAPORAN KKN BAB I

BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Pendidikan merupakan proses pendewasaan dan kemandirian manusia secara sistematis agar siap menjalani kehidupan secara bertanggungjawab. Demi cita-cita Universitas Pancasakti Tegal (UPS) untuk melaksanakan pendidikan dengan cara membekali dan mengembangkan kecakapan serta kecintaan mahasiswa terhadap pemberdayaan dan pembangunan kehidupan manusia pada umumnya di Indonesia. Peningkatan dan pengembangan yang terangkum dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Ketiga Tri Dharma Perguruan Tinggi itu dilaksanakan dengan proporsi yang seimbang, harmonis dan terpadu.
Untuk mempraktekkan ilmu dan menerapkan hasil penelitian yang dilakukan oleh akademika, maka diperlukan media yang mendukung. Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan media yang efektif dan edukatif, karena berfungsi sebagai wahana penerapan dilakukan diluar kampus dalam waktu, mekanisme kerja dan persyaratan tertentu. Oleh karena itu, KKN UPS Tegal diarahkan untuk menjamin keterkaitan antara dunia akademik teoritik dan dunia empirik praktis, yang mana akan terjadi interaksi sinergis, saling menerima dan saling memberi, saling asah, asih dan asuh antara mahasiswa dan masyarakat
Setiap daerah atau desa mempunyai ciri khas atau karakteristik tersendiri yang tentunya membedakan dengan daerah atau desa lain. Begitu juga dengan keadaan dan permasalahan yang ada di desa Mulyoharjo sebagai lokasi KKN POSDAYA UPS Tegal tahun 2013. Setelah peserta KKN mengkaji data dan di tindak lanjuti dengan orientasi dan observasi lapangan, permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat desa Kademangaran sebagai berikut :
1.      Potensi sumber daya manusia yang kurang di perdayakan.
2.      Kurangnya kesadaran warga atas kebersihan lingkungan.
3.      Kurangnya fasilitas tempat pembuangan akhir.
4.      Kurangnya fasilitas bimbingan belajar untuk anak-anak.
1.2  Tujuan Pembentukan dan Pengembangan Posdaya
KKN adalah program intarakulikuler dengan tujuan utama untuk memberikan pendidikan kepada mahasiswa. Namun demikian, karena pelaksanaanya mengambil lokasi di wilayah kelurahan dan memerlukan keterlibatan masyarakat, maka realisasi pelaksanaanya di lapangan  harus sekaligus dapat memberikan manfaat bagi masyarakat yang bersangkutan.
Berkaitan dengan  masalah tersebut, arah atau tujuan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pos Pemberdayaan Keluarga adalah sebagai berikut:
1.    Mempersiapkan mahasiswa yang mampu menghayati permasalahan kompleks yang ada pada masyarakat serta belajar mengatasi permasalahan tersebut secara pragmatif dan terpadu
2.    Mengembangkan pengetahuan, sikap dan ketrampilan mahasiswa secara langsung pada masyarakat serta melatih mahasiswa untuk mampu bekerja sama antarbidang keahlian secara terpadu
3.    Menjalin kerja sama antara mahasiswa dengan masyarakat, bersama Pemda serta instansi terkait lainnya, agar pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dapat mencapai sasaran yang diinginkan sesuai dengan tuntutan pembangunan
4.    Mampu  membangkitkan gairah masyarakat untuk  mendukung kemajuan pembangunan di kelurahan Keturen agar lebih kondusif dan aman bagi kelangsungan hidup warganya
Adapun kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini memiliki tujuan khusus, yakni:
1.      Memberikan pengalaman belajar secara nyata dan pengalaman kerja nyata pembangunan di tengah masyarakat. Artinya mahasisiwa akan memperoleh pengalaman yang banyak, dalam pelaksanaan KKN, misalnya belajar mengenai analisis potensi kelurahan, membuat  rencana pembangunan kelurahan, cara-cara berkomunikasi dengan lapisan masyarakat, dan bagaimana memperdayakan masyarakat sesuai tujuan masing–masing.
2.      Mendewasakan kepribadian mahasiswa secara luas. Artinya apablia tujuan  ini dapat dicapai dengan baik, maka KKN dapat menghapus isu dan kritik yang selama ini dilontarkan terhadap pelaksanaan KKN di Universitas Pancasakti Tegal, mengingat para peserta KKN diharapkan lebih siap dan lebih matang baik dalam memasuki lapangan kerja maupun sebagai kader–kader pembangun.
3.      Memacu  pembangunan masyarakat atas dasar kekuatannya sendiri maksudnya dengan KKN, mahasiswa diharapkan dapat memberdayakan dan mendominasikan masyarakat dalam konteks pembangunan. Kenyataan menujukan bahwa dinamisasi masyarakat adalah  sangat esensial bagi pembangunan. Pengalaman mengajarkan bahwa dengan meningkatnya dinamika pada masyarakat maka pembangunan dapat meningkatkan kesejahteraan. Melalui KKN membuktikan bahwa mahasiswa tidak saja berpotensi tetapi juga berkemampuan menalarkan IPTEK yang dapat menggerakan masyarakat dalam pembangunan.
4.      Mendekatkan Universitas Pancaskati Tegal dengan masyarakat. Perguruan tinggi merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari masyarakat dan dibangun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan ilmu pengetahuan teknologi dan seni. Oleh karena itu, perguruan tinggi harus banyak terlibat dengan masalah – masalah yang dihadapi masyarakat.

1.3  Manfaat Kuliah Kerja Nyata (KKN)
Atas hal-hal yang sudah dikemukakan di atas maka KKN mempunyai tiga kelompok sasaran yaitu, mahasiswa, masyarakat bersama perangkat desa dan Universitas.
Masing-masing akan memperoleh manfaat pelaksaan KKN sebagai berikut :
1.4.1 Mahasiswa
a.         Mahasiswa lebih memahami tentang cara berfikir dan bekerjasama secara interdispliner, sehingga dapat menghayati adanya keterkaitan dan kerjasama antar sektor.
b.         Mahasiswa memahami tentang kebermanfaatan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang dipelajari bagi pelaksanaan pembangunan masyarakat.
c.         Mahasiwa memahami berbagai kesulitan yang dihadapi oleh masyarakat dalam melaksanakan pembangunan secara menyeluruh.
d.        Mendewasakan cara berpikir serta meningkatkan daya nalar mahasiswa dalam melakukan telaah kritis perumusan dan pemecahan masalah secara pragmatis ilmiah.
e.         Memberikan keterampilan kepada mahasiswa untuk melaksanakan pembangunan dan pengembangan masyarakat berdasarkan ilmu, teknologi dan seni secara interdisipliner antar sektor.
f.          Melatih mahasiswa sebagai dinamisator, motifator dan promblem solving di masyarakat.
g.         Memberikan pengalaman belajar dan bekerja sebagai keder pembangunan sehingga terbentuk rasa cinta tanah air terhadap kemajuan masyarakat.
h.         Melalui KKN mahasiswa dapat merumuskan dan memecahkan masalah di masyarakat secara langsung sehingga dapat menumbuhkan sikap profesionalisme dan kepedulian sosial dalam diri mahasiswa dalam arti peningkatan keahlian, tanggung jawab maupun rasa kesejawatan.
1.4.2. Masyarakat Bersama Pemerintah Daerah
a.         Memperoleh bantuan pemikiran dan tenaga serta ilmu, teknologi dan seni dalam merencanakan dan melaksanakan pembangunan di masyarakat.
b.         Memperoleh cara-cara baru yang dibutuhkan untuk merencanakan dan melaksanakan pembangunan di masyarakat.
c.         Memperoleh pengalaman dalam menggali serta menumbuhkan potensi swadaya sehingga mampu berpartipasi aktif dalam pembangunan.
d.        Terbentuknya kader-kader penerus pembangunan didalam masyarakat sehingga terjamin upaya pembangunan didalam masyarakat sehingga terjamin upaya pembangunan yang berkelanjutan.
1.4.3. Universitas Pancasakti Tegal
a.         Memperoleh umpan balik sebagai proses pembelajaran di tengah-tengah masyarakatnya, sehingga kurikulum, materi perkuliahan dan pengembangan ilmu yang dilakukan universitas dapat lebih sesuai dengan tuntutan nyata pembangunan.
b.         Memperoleh pengalaman berharga di masyarakat yang digunakan sebagai contoh/ wacana dalam memberikan perkuliahan dan menemukan berbagai cara pemecahan masalah untuk pengembangan penelitian universitas.
c.         Meningkatkan, memperluas dan mempercepat kerjasama dengan instansi serta departemen terkait melalui rintisan kerja sama dari mahasiswa yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN).

No comments:

Post a Comment