BAB
I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Pendidikan
merupakan proses pendewasaan dan kemandirian manusia secara sistematis agar
siap menjalani kehidupan secara bertanggungjawab. Demi cita-cita Universitas
Pancasakti Tegal (UPS) untuk melaksanakan pendidikan dengan cara membekali dan
mengembangkan kecakapan serta kecintaan mahasiswa terhadap pemberdayaan dan
pembangunan kehidupan manusia pada umumnya di Indonesia. Peningkatan dan
pengembangan yang terangkum dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah pendidikan
dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Ketiga Tri Dharma
Perguruan Tinggi itu dilaksanakan dengan proporsi yang seimbang, harmonis dan
terpadu.
Untuk
mempraktekkan ilmu dan menerapkan hasil penelitian yang dilakukan oleh
akademika, maka diperlukan media yang mendukung. Kuliah Kerja Nyata (KKN)
merupakan media yang efektif dan edukatif, karena berfungsi sebagai wahana
penerapan dilakukan diluar kampus dalam waktu, mekanisme kerja dan persyaratan
tertentu. Oleh karena itu, KKN UPS Tegal diarahkan untuk menjamin keterkaitan
antara dunia akademik teoritik dan dunia empirik praktis, yang mana akan
terjadi interaksi sinergis, saling menerima dan saling memberi, saling asah,
asih dan asuh antara mahasiswa dan masyarakat
Setiap daerah
atau desa mempunyai ciri khas atau karakteristik tersendiri yang tentunya
membedakan dengan daerah atau desa lain. Begitu juga dengan keadaan dan
permasalahan yang ada di desa Mulyoharjo
sebagai lokasi KKN POSDAYA UPS Tegal tahun 2013. Setelah
peserta KKN mengkaji data dan di tindak lanjuti dengan orientasi dan observasi
lapangan, permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat desa Kademangaran sebagai
berikut :
1.
Potensi sumber daya manusia yang kurang
di perdayakan.
2.
Kurangnya kesadaran warga atas
kebersihan lingkungan.
3.
Kurangnya
fasilitas tempat pembuangan akhir.
4.
Kurangnya fasilitas bimbingan belajar
untuk anak-anak.
1.2 Tujuan Pembentukan dan Pengembangan
Posdaya
KKN adalah
program intarakulikuler dengan tujuan utama untuk memberikan pendidikan kepada
mahasiswa. Namun demikian, karena pelaksanaanya mengambil lokasi di wilayah
kelurahan dan memerlukan keterlibatan masyarakat, maka realisasi pelaksanaanya
di lapangan harus sekaligus dapat
memberikan manfaat bagi masyarakat yang bersangkutan.
Berkaitan
dengan masalah tersebut, arah atau
tujuan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pos Pemberdayaan Keluarga adalah sebagai
berikut:
1.
Mempersiapkan mahasiswa yang mampu
menghayati permasalahan kompleks yang ada pada masyarakat serta belajar
mengatasi permasalahan tersebut secara pragmatif dan terpadu
2.
Mengembangkan pengetahuan, sikap dan
ketrampilan mahasiswa secara langsung pada masyarakat serta melatih mahasiswa
untuk mampu bekerja sama antarbidang keahlian secara terpadu
3.
Menjalin kerja sama antara mahasiswa
dengan masyarakat, bersama Pemda serta instansi terkait lainnya, agar
pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dapat mencapai sasaran yang diinginkan
sesuai dengan tuntutan pembangunan
4.
Mampu
membangkitkan gairah masyarakat untuk
mendukung kemajuan pembangunan di kelurahan Keturen agar lebih kondusif
dan aman bagi kelangsungan hidup warganya
Adapun kegiatan
Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini memiliki tujuan khusus, yakni:
1. Memberikan
pengalaman belajar secara nyata dan pengalaman kerja nyata pembangunan di
tengah masyarakat. Artinya mahasisiwa akan memperoleh pengalaman yang banyak,
dalam pelaksanaan KKN, misalnya belajar mengenai analisis potensi kelurahan,
membuat rencana pembangunan kelurahan,
cara-cara berkomunikasi dengan lapisan masyarakat, dan bagaimana memperdayakan
masyarakat sesuai tujuan masing–masing.
2. Mendewasakan
kepribadian mahasiswa secara luas. Artinya apablia tujuan ini dapat dicapai dengan baik, maka KKN dapat
menghapus isu dan kritik yang selama ini dilontarkan terhadap pelaksanaan KKN
di Universitas Pancasakti Tegal, mengingat para peserta KKN diharapkan lebih
siap dan lebih matang baik dalam memasuki lapangan kerja maupun sebagai
kader–kader pembangun.
3. Memacu pembangunan masyarakat atas dasar kekuatannya
sendiri maksudnya dengan KKN, mahasiswa diharapkan dapat memberdayakan dan
mendominasikan masyarakat dalam konteks pembangunan. Kenyataan menujukan bahwa
dinamisasi masyarakat adalah sangat
esensial bagi pembangunan. Pengalaman mengajarkan bahwa dengan meningkatnya
dinamika pada masyarakat maka pembangunan dapat meningkatkan kesejahteraan.
Melalui KKN membuktikan bahwa mahasiswa tidak saja berpotensi tetapi juga
berkemampuan menalarkan IPTEK yang dapat menggerakan masyarakat dalam
pembangunan.
4. Mendekatkan
Universitas Pancaskati Tegal dengan masyarakat. Perguruan tinggi merupakan
bagian yang tidak terpisahkan dari masyarakat dan dibangun untuk memenuhi
kebutuhan masyarakat akan ilmu pengetahuan teknologi dan seni. Oleh karena itu,
perguruan tinggi harus banyak terlibat dengan masalah – masalah yang dihadapi
masyarakat.
1.3 Manfaat
Kuliah Kerja Nyata (KKN)
Atas
hal-hal yang sudah dikemukakan di atas maka KKN mempunyai tiga kelompok sasaran
yaitu, mahasiswa, masyarakat bersama perangkat desa dan Universitas.
Masing-masing
akan memperoleh manfaat pelaksaan KKN sebagai berikut :
1.4.1
Mahasiswa
a.
Mahasiswa lebih memahami tentang cara
berfikir dan bekerjasama secara interdispliner, sehingga dapat menghayati
adanya keterkaitan dan kerjasama antar sektor.
b.
Mahasiswa memahami tentang
kebermanfaatan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang dipelajari bagi
pelaksanaan pembangunan masyarakat.
c.
Mahasiwa memahami berbagai kesulitan
yang dihadapi oleh masyarakat dalam melaksanakan pembangunan secara menyeluruh.
d.
Mendewasakan cara berpikir serta
meningkatkan daya nalar mahasiswa dalam melakukan telaah kritis perumusan dan
pemecahan masalah secara pragmatis ilmiah.
e.
Memberikan keterampilan kepada mahasiswa
untuk melaksanakan pembangunan dan pengembangan masyarakat berdasarkan ilmu,
teknologi dan seni secara interdisipliner antar sektor.
f.
Melatih mahasiswa sebagai dinamisator,
motifator dan promblem solving di masyarakat.
g.
Memberikan pengalaman belajar dan
bekerja sebagai keder pembangunan sehingga terbentuk rasa cinta tanah air
terhadap kemajuan masyarakat.
h.
Melalui KKN mahasiswa dapat merumuskan
dan memecahkan masalah di masyarakat secara langsung sehingga dapat menumbuhkan
sikap profesionalisme dan kepedulian sosial dalam diri mahasiswa dalam arti
peningkatan keahlian, tanggung jawab maupun rasa kesejawatan.
1.4.2.
Masyarakat Bersama Pemerintah Daerah
a.
Memperoleh bantuan pemikiran dan tenaga
serta ilmu, teknologi dan seni dalam merencanakan dan melaksanakan pembangunan
di masyarakat.
b.
Memperoleh cara-cara baru yang
dibutuhkan untuk merencanakan dan melaksanakan pembangunan di masyarakat.
c.
Memperoleh pengalaman dalam menggali
serta menumbuhkan potensi swadaya sehingga mampu berpartipasi aktif dalam
pembangunan.
d.
Terbentuknya kader-kader penerus
pembangunan didalam masyarakat sehingga terjamin upaya pembangunan didalam
masyarakat sehingga terjamin upaya pembangunan yang berkelanjutan.
1.4.3.
Universitas Pancasakti Tegal
a.
Memperoleh umpan balik sebagai proses
pembelajaran di tengah-tengah masyarakatnya, sehingga kurikulum, materi
perkuliahan dan pengembangan ilmu yang dilakukan universitas dapat lebih sesuai
dengan tuntutan nyata pembangunan.
b.
Memperoleh pengalaman berharga di
masyarakat yang digunakan sebagai contoh/ wacana dalam memberikan perkuliahan
dan menemukan berbagai cara pemecahan masalah untuk pengembangan penelitian
universitas.
c.
Meningkatkan, memperluas dan mempercepat
kerjasama dengan instansi serta departemen terkait melalui rintisan kerja sama
dari mahasiswa yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN).
No comments:
Post a Comment