Thursday, February 13, 2014

CONTOH LAPORAN KKN BAB IV



BAB IV
PENUTUP

1.1  Kesimpulan
Secara keseluruhan pelaksanaan kegiatan KKN POSDAYA Universitas Pancasakti Tegal tahun 2013 berlangsung dengan baik. Program-program yang direncanakan dapat direalisasikan dengan optimal dan tepat waktu, meskipun ada juga program tambahan. Hal ini dapat berjalan dengan baik berkat kerjasama dan dukungan dari semua anggota kelompok KKN POSDAYA desa Mulyoharjo. Selain itu juga, terjalinan nya kerjasama dan hubungan baik antara aparat desa dan masyarakat desa Mulyoharjo dengan semua anggota kelompok KKN POSDAYA Universitas Pancasakti Tegal tahun 2013 serta pihak lain yang telah ikut serta dan berperan dalam membantu terlaksana program kerja mahasiswa KKN di desa mUlyoharjo
Mudah-mudahan dari kegiatan-kegiatan yang kami laksanakan diharapkan mampu memberi manfaat bagi masyarakat Desa Kademangaran dan memberikan masukan atau inspirasi kepada pihak yang terikat dalam rangka mengembangkan Desa Kademangaran agar lebih maju lagi.
1.2  Saran-saran
Kegiatan KKN yang di wajibkan kepada seluruh mahasiswa semester tujuh ini sangatlah mempunyai manfaat yang baik. Namun demi berlangsungnya kegiatan KKN yang tetap baik di tahun-tahun berikutnya, melalui kesempatan ini kami ingin memberikan beberapa saran-saran, diantaranya sebagai berikut:


1.      Bagi Lembaga Pengabdian Masyarakat UPS Tegal
a.       Dalam memberikan pembekalan yang di lakukan panitian KKN POSDAYA UPS Tegal sudah cukup membantu mahasiswa dalam memahami kegiatan KKN ini. Namun sayangnya peserta pembekalan KKN di rasa terlalu banyak sehingga mengurangi efektifitas dalam pemaparan materi pembekalan.
b.      Selain itu di harapkan ada sikap dari para jajaran LPM UPS Tegal yang lebih memprioritaskan kepentingan mahasiswa KKN. Seperti dalam proses permohonan pembuatan surat yang di ajukan oleh mahasiswa KKN di harapakan prosesnya dapat di lakukan secepat mungkin karena mengingat mahasiswa KKN ini harus fokus di lokasi KKN.
2.      Bagi Mahasiswa
a.       Mahasiswa KKN di harapkan lebih memiliki kesadaran akan tanggung jawabnya sebagai mahasiswa dalam mengamalkan Tri Dharma Perguruan Tinggi melalui kegiatan KKN POSDAYA UPS Tegal.
b.      Mahasiswa KKN di harapkan lebih dewasa dan bertanggung jawab sesuai Job Description-nya masing-masing dalam kegiatan KKN POSDAYA UPS Tegal.
c.       Mahasiswa di harapakan lebih disiplin dan konsisten terhadap waktu terlebih jika sudah di tempatkan di lokasi KKN yang lebih dekat dengan tempat tinggal
3.      Bagi Masyarakat Lokasi KKN
a.       Kepada warga masyarakat, dukungan dan kerjasama yang baik akan sangat membantu anggota KKN dalam penyelesaian program kerja sehingga komunikasi akan lebih baik.
b.      Harus dapat dimaklumi jika mungkin terdapat program yang tidak dapat direalisasikan ataupun terdapat kelemahan dan kekurangan dari kerja mahasiswa KKN karena masih dalam tahapan pembelajaran.
1.3  Rekomendasi
Dengan berakhirnya pelaksanaan kegiatan KKN di Desa Mulyoharjo, apabila melihat kesimpulan yang ada kami merekomendasikan kepada :
1.      Panitia Pelaksanaan KKN
Panitia pelaksana KKN UPS Tegal agar dalam pelaksanaan KKN tahun mendatang lebih maksimal, maka untuk lokasi KKN disesuaikan dengan peserta KKN yang terdekat, karena sebagian peserta ada yang jauh tempat tinggalnya dengan lokasi KKN, sehingga dapat menghambat pelaksanaan program KKN.
2.      Pemerintah Daerah
Kepada pemerintah daerah diharapkan memberi kemudahan dalam pelaksanaan program KKN melalui pengajuan-pengajuan proposal tidak terlalu biroktif.

No comments:

Post a Comment